Wednesday, November 2, 2016

Yuk Mengenal Keunggulan Lokasi Indonesia

Sebgaimana kita ketahui negara kita negara Indonesia adalah negara keplauan, negara yang memiliki iklm tropis, memiliki letak geografis yang strategis serata memiliki kondisi tanah yang subur. Secara umum itulah keuntungan yang Indonesia miliki ketimbang negara lain. Untuk penjelasan lebih lanjutnya sebagai berikut:



1. Keunggulan Iklim Indonesia

Indonesia terletak di daerah yang beriklim tropis. Indonesia juga terletak di antara da benua yakni benua Asia dan Australia, sehingga mnyebabkan Indonesia memiliki pola angin yang selalu bergantian setengah tahun sekali, yakni angin musim Barat dan angin musim Timur. Akibatnya wilayah negara Indonesia memiliki iklim musim/ muson

Garis Khatulistiwa
Baca juga:
Makanan untuk Penderita Diabetes
Tip Mengurangi Sakit Perut
Bagaimana Mengatasi Segala Jenis Rasa Takut
Hindari 5 Pola Makan Tak Sehat Ini
Cara Merawat Burung Cendet Hingga Gacor (Mastering)

Keunggulan iklim muson tropis diantaranya adalah temperatur yang tidak terlalu ekstrim (tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin). Di samping itu, iklim muson tropis juga mengakibatkan terjadinya musim penghujan dan musim kemarau yang senantiasa berganti setiap setengah tahun (6 bulan) sekali. Keadaan ini menyebabkan masyarakat Indonesia dapat melakukan kegiatan ekonomi sepanjang tahun. Keadaan ini berbeda dengan beberapa negara lain seperti di Eropa dan Austaralia. Pada musim dingin, masyarakat kesulitan melaksanakan kegiatan ekonomi.

2. Keunggulan Geostrategis di Indonesia

Keunggulan letak geostrategis Indonesia adalah berkaitan dengan letak Indonesia yang berada di antara dua benua yakni benua Asia dan Australia, serta terletak di antara dua samudra yakni Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Mengapa letak tersebut dikatakan strategis? Lokasi Indonesia ibarat berada di persimpangan lalu lintas perjalanan internasional. Sebagai contoh perdagangan bangsa-bangsa Asia dan Australia, bahkan bangsa-bangsa lain di seluruh dunia akan selalu melewati wilayah Indonesia. Perdagangan tersebut melewati eilayah darat, laut, dan udara.

3. Keunggulan Tanah di Indonesia

Tanah di Indonesia subur salah satunya disebabkan Indonesia berada di daerah vulkanis. Indonesia memiliki banyak gunung berapi yang letusannya setiap saat dapat menyuburkan tanah. Mengapa dunung berapi dapat menyuburkan tanah? Letusan gunung berapi menyemburkan abu vulkanis sebagai penyubur kembali tanah yang kurang subur. Tanah Indonesia yang subur akan mengakibatkan berbagai jenis tanaman dapat tumbuh dengan baik. Konsisi tanah yang subur, iklimtropis dengan sinar matahari dan curah hujan yang cukup merupakan keunggulan komparatif tersendiri bagi wilayah negara kita.

Tanah di Indonesia yang subur akan mengakibatkan berbagai jenis hewn/ fauna dapat hidup dengan baik. Dengan kondisi tanah yang subur, iklim tropis dan curah hujan yang cukup, tanah di Indonesia dapat ditanami berbagai jenis tanaman sebagai penyedia makanan bagi berbagai jenis hewan/ fauna. Itulah sebabnya Indonesia juga kaya dengan berbagai jenis hewan, baik yang hudup secara alami maupun yang secara sengaja diternakkan.

Sumber:  Buku Ilmu Pengetahan Sosial SMP/MTs kelas VIII Semester 1. Halaman 3-9.

Semoga Bermanfaat...

Artikel lainnya:
Konversi Bilangan Heksadesimal
Tips Menurunkan Berat Badan secara Alami
Makanan untuk Pnderita Kolesterol Tinggi

6 comments:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Terbaru