Bagaimana Mengatasi Segala Jenis Rasa Takut

Setiap orang pasti memiliki rasa takut terhadap sesuatu. Bisa berupa rasa takut terhadap ketinggian, publik speaking, naik pesawat, terhadap hewan tertentu. Ada beberapa cara yang bisa kita coba untuk mengatasi berbagai rasa takut tersebut. Untuk itu kita membutuhkan beberapa alat dan bahan: Buku jurnal, buku catatan atau kertas, makanan yang tinggi kandungan tryptophan, jus jeruk dan minyak essensial (aroma terapi).
Sumber Gambar: YouTube
Makanan untuk Pnderita Kolesterol Tinggi
Makanan untuk Penderita Diabetes
Tip Mengurangi Sakit Perut



Langkap pertama, cari dan tulis apa saja rasa takut yang kita miliki pada buku catatan atau kertas yang dapat membuat kita merasa lebih berdaya dan lebih percaya diri serta membantu kita untuk menyadari bahwa apa yang kita takutkan itu adalah hal yang seharusnya tidak perlu ditakutkan.

Langkah kedua, buat kata positif dalam hati seperti "Saya bisa mengatasi ini" atau "Tidak ada yang dapat membahayakan saya", ulangi kata-kata itu didalam hati atau pikiran dimanapun kita berada saat menghadapi sesuatu yang membuat kita takut. Psikolog mengatakan ini akan menanamkan keberanian dalam diri kita

Langkah ketiga, saat diwaktu berbeda Anda menghadapi sesuatu yang membuat anda takut, buat sebuah kepalan tangan, tahan itu selama 10 detik, kemudian lepaskan kepalan tersebut. Terlihan bodoh dan aneh, nmun ini mengurangi rasa takut dengan merelaksasi ketegangan otot.

Langkah keempat, makan makanan yang mengandung tryptophan, seperti keju, kacang, daging kalkun. Asam amino yang terkandung dapat membantu seseorang merasa tidak mudah cemas. Meminum jus jeruk dengan gelas besar sebelum kita menghadapi segala hal yang membuat kita takut, vitamin C yang terkandung bisa menurunkan hormon stress hanya berkisar 15 menit.

Langkah kelima, gunakan inyak esensial yang menenagkan, tersedia di toko makanan kesehatan atau toko-toko minyak wangi. Minyak ini bisa digunakan untuk menghadapi rasa takut yang kita rasakan, prosedur dalam pengobatan, atau menghadapi rasa trauma. Sesuai arahan penggunaan, letakkan beberapa tetes minyak di pergelangan tangan atau dibawah lidah hingga Anda merasa lebih tenang

Langkah keenam, hadapi rasa takut Anda secara terus menerus. Peneliti menunjukkan pengulangan dalam menghadapi rasa takut dapat menekan respon ketakutan kita terhadap sesuatu. Faktanya, para ahli mengatakan hingga 90% dari pobia terhadap sesuatu dapat diatasi dengan teknik in, yang dikenal dengan "Exposure therapy (Terapi Pencerahan)"

Langkah ketujuh, tanyakan pada dokter mengenai obat-obatan yang menjanjikan dalam mengurangi rasa takut seseorang ketika berhadapan pada situasi yang menakutkan.

Tulisan diatas merupakan terjemahan dengan beberapa penyesuaian dari video How to Overcome Any Fear by: HOWCAST.

Semoga bermanfaat....

Karbohidrat adalah....
Vitamin adalah ...

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)