Monday, October 24, 2016

Hindari 5 Pola Makan Tak Sehat Ini

Mungkin selama ini Anda tidak sadar mengenai pola makan Anda. Mungkin juga Anda telah mengetahui bahwa pola makn yang baik dapat mempengaruhi stamina dan kesehatan tubuh seseorang.

Makan, sama halnya dengan aktivitas yang lain, tentu memiliki aturan tersendiri. Mari kita intip bersama pola makan yang tak sehat berikut ini. Coba cermati, jangan-jangan selama ini yang kita lakukan juga kutang baik bagi kesehatan.
Sumber Gambar: Pradesh18

1. Melewatkan sarapan

Banyak orang yang masih belum menyadari arti penting sarapan. Mungkin bagi sebagian orang, sarapan hanya berati mengisi makanan ke perut saja. Padahal, fungsinya tidak hanya sebatas menjaga agar lambung tidak kosong saja, melainkan juga untuk meningkatkan energi dan konsentrasi pada otak dan tubuh. Menyantap sarapan juga membantu Anda agar tidak makan terlamapu banyak pada siang hari.

Baca juga:
Makanan terbaik yang perlu disantap pada pagi hari adalah semangkuk bubur gandum dan segelas yogurt rendah lemak atau telur setengah matang ditambah roti dan buah  segar.

2. Makan sebelum tidur

Jika Anda ingin tidur nyenyak dan bermimpi indah, sebgaiknya hindari menyantap makanan berat sebelum tidur. Memang, belum ada penelitian yang mampu membuktikan bahwa makan sebelum tidur dapat menyebabkan bertambanhnya berat tubuh seseorang, naun menyantap makanan terlalu banyak atau menyantap makanan pedas, berlemak, dan minum kafein minimal 3 jam sebelum tidur dapat mengurangi kualitas dan lamanya tidur lelap yang seharusnya Anda dapatkan. Akibatnya, esok hari Anda terbangun dengan tubuh lemas, lunglai, dan tak bersemangat. Para ahli mengatakan bahwa menyantap makanan berlemak sebelum tidur dapat membuat kerja lambung menjadi lebih lambat sehingga makanan masih tetap tertinggal di lambung pada saat Anda tidur. Sedangkan, menyantap makanan pedas sebelum tidur dapat membuat perut Anda serasa 'terbakar' menjelang saat tidur.

Jika keinginan untuk ngemil tak tertahankan, boleh-boleh saja Anda ngemil makanan ringan seperti buah-buahan segar. Selain membuat tubuh sehat, Anda pun dapat tidur dengan nyenyak.

3. Makan sambil melakukan kegiatan lain

Bukan hanya terlihat tidak sopan, tapi makan sambil berpicara di telepon, bermain video game atau yang lebih parah, menonton TV, dapat membuat Anda secara tak sadar makan lebih banyak. Jika Anda kerap kali melakukan hal ini, jagan heran jika angka timbangan Anda terus bertambah. Makan sembari melakukan kegiatan lain akan membuat Anda mengabaikan jumlah kalori yang Anda santap. Apalagi, jika Anda ngmil snack favorit. Biasanya, lebih sulit lagi menghentikan jumlah kalori yang terus masuk ke tubuh.

Cobalah untuk fokus pada hal yang Anda lakukan dalam suatu waktu. Hindari melangkah ke dapur ketika sedang menelpon. Demikian juga ketika Anda sedang makan, fokuskan diri hanya pada makanan Anda.

4. Kurang minum air putih

Sudah bukan rahasia lagi bahwa air putih sangat penting bagi kelangsungan kehidupan setiap makhluk hidup di bumi. Namun, yang tak diketahui oleh banyak orang adalah bahayanya kurang minum air putih. Kurang minum air putih ternyata dapat membuat proses metabolisme tubuh terganggu, contohnnya adalah tubuh membutuhkan air untuk membakar kalori. Nah, jika Anda kurang minum ait putih, otomatis proses pembakaran tak berjalan lancar. Jadi, jangan heran jika berat badan Anda tak kunjung turun walaupun sudah melakukan diet mati-matian.

Para ahli  menganjurkan minum air minimal 8-10 gelas per hari untuk menjaga kesehatan. Jika selama ini Anda senang minum soda, kopi atau minuman lain, alangkah baiknya jika Anda menyingkitkan semua itu dan menggantinya dengan minum air putih. Biasakan diri meminum segelas air putih setelah bangun dari tidur.

5. Kurang menyantap sayur dan buah

Makanan dengan rasa sayur atau buah tidak dapat digolongkan dalam kategori saur dan buah. Contohnya adalah permen, berondong jagung, keripik pisang, dan lain-lain. Para ahli menganjurkan Anda menyantap minimal 5 gelas buah atau sayuran perhari

Jika Anda kurang suka menyantap buah dan sayur, mungkin Anda dapat membuatnya menjdi aneka jus yang menarik. Jangan lupa, tubuh membutuhkan vitamin yang berasal dari sayuran dan buah-buahan. Oleh karena itu, sayangilah tubuh Anda.

Lalu, bagaimanakah pola makan yang sehat? Pola makan yang sehat adalah sedikit tapi sering. Jangan terburu-buru mengambil kesimpulan. Simak penjelasan berikut.

Pola makan yang lebih sehat:

  • Makan pagi cukup roti dan susu. Sedikit karbohidrat saja. Hindari makan kenyang di pagi hari karena akan membuat mengantuk, Jika Anda makan kenyang di pagi hari, energi yang seharusnya digunakan untuk beraktivitas habis ke perut Anda.
  • 3 jam setelah makan pagi, makan makanan ringan seperti roti. Setiap 3 jam, perut pasti merasa lapar.
  • Makan siang, silhkan makan lengkap. Nasi, lauk pauk, dan sayur mayur. Akan tetapi, ingat untuk berhenti sebelum kenyang.
  • Sore hari, ba'da asar, makan-makanan ringan lagi. Snack sore seperti kolak, bubur kacang hijau, atau mungkin buah-buahan bisa jadi pilihan.
  • Pada malam hari, makan lengkap. Usahakan makan 3 jam dari waktu tidur agar sebelum tidur makanan telah selesai dicerna dan tidak mengganggu tidur.
Tulisan diatas dikutip dari buku Healthy Habits You Must Know, Ditulis Oleh: Emirfan TM. Penerbit Javalitera
Sumber Gambar: Javalitera
Mungkin Anda tertarik membaca:

32 comments:

  1. menarik sekali gan,.
    Perlu dipraktekkan ini,. :>)

    ReplyDelete
  2. penting jg ya min sarapan, padahal saya ga pernah sarapan.
    okelah mulai besok saya makan teratur, makasih infony min

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penting gan sarapan tu. Moga sehat selalu...

      Delete
  3. Kurang minum air ntr dehidrasi kwkwks kaya ane

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hati-hati gn, banyakin minum air putih gak rugi kok..

      Delete
  4. Thanks gan saya akan berusaha menghindari pola makan yang tidak sehat, artikel nya sangat membantu

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. Moga bermanfaat gan. Selamat mencoba

      Delete
  6. waahh menarik ni gan... thanks infonya. mantap sekali gan

    ReplyDelete
  7. nice artikel gan mantap ini ane jadi bisa menghindari pola makanan tidak sehat

    ReplyDelete
  8. Tapi kayaknya agak susah kalo buat anak kost yang memprihatinkan wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya jg sih, tp setidaknya dicoba gan...

      Delete
  9. Mantap tips nya gan. Thanks banget buat info nya

    ReplyDelete
  10. Mantap tips nya gan. Thanks banget buat info nya

    ReplyDelete
  11. ya ampun ternyata daftar diatas sering saya alami, thank info nya gan

    ReplyDelete
  12. salam gan sangat bermanfaat semoga dengan artikelnya dapat menambah wawasasan semoga dapat menjaga polah makan yang benar.

    ReplyDelete
  13. nomor 4 yang mungkin kurang sering saya lakukan, kurang minum air putih kira-kira selain efek yang di atas apakah ada lagi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dehidrasi gan, darah mengental otomatis ginjal kerja lbh keras, klo ginjalnya rusak kan bs jd penyakit yg parah.

      Delete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Terbaru