Dikala Jiwa Merasa Lelah

Setiap orang pasti pernah yang namanya merasakan jiwa yang lelah. Entah itu muda atau pun tua. Namun kebanyakan orang tidak menghiraukannya dan sering mengabaikannya. Padahal jika akumulasi rasa lelah pada jiwa ini dibiarkan, lama kelamaan bisa menjadi ledakan emosi diwaktu lain. Perlu melakukan langkah-langkah praktis untuk segera menyegarkan kebali jiwa yang lelah tersebut.

Baca juga:
Setiap orang memiliki cara masing-masing dalam melepaskan kelelahan jiwanya. Ini bisa dipengaruhi hobi, kesukaan, kebiasaan atau faktor lingkungan. Yang pada intinya orang tersebut berusahan menyegarkan kembali jiwa yang lelah.

Jiwa yang lelah, jika tidak segera di'sembuhkan' maka bisa berdampak pada kesehatan fisik seseorang. Kita mungkin pernah merasakan hal ini. Disaat kita merasa jiwa tertekan karena suatu masalah, tentu kita merasakan fisik ini juga ikut lelah, melemah dan mudah terserang penyakit. Oleh karenanya amat penting bagi kita untuk mengetahui langkah praktis untuk menghilangkan kelelahan jiwa ini.

Diantaranya yang bisa dilakukan adalah

  • Bersukur. Dengan mensykuri atas apa yang kita miliki setidaknya kita jadi lebih terhibur, ada suatu kelapangan yang dirasakan dalam hati dan pikiran Dengan bersukur kita akan dapat lebih merasakan nikmat atas apa yang kita miliki.
  • Bersilaturahmi atau jalin persahabatan dengan orang positif. Kita tentu mengetahui teman sahabat bisa sangat membantu dalam menghadapi suatu permasalahan atau kesulitan. Tapi tentunya teman yang benar-benar tulus. Dengan menjalin hubungan dengan orang yang positif tentu kita akan merasa mendapatkan aliran energi yang positif pula dalam diri kita, dengan demikian kita akan lebih mudah bangkit dalam keterpurukan.
  • Lakukan hobi positif yang menghibur. Hobi sudah tentu melakukan sesuatu yang mebuat kita senang. Biasanya kita sering merasa lupa waktu dan tidak pernah merasa lelah dalam melakukannya. Kalau sudah begitu tentu kita akan merasa amat terhibur dan menjadi lebih segar dalam hal fisik, pikiran dan jiwa. Contoh hobi positif, bisa berolahraga, membac buku, menulis, dst.
  • Dekatkan diri kepada Tuhan. Kita sebgai manusia tidak boleh merasa mampu bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain, atau merasa sombong dan bangga terhadap diri. Kita harus slalu ingat dikala dalam kelapangan dan kesempitan bahwa ada kuasa Tuhan dalam semua hal, jadi disaat kita merasa buntu, lelah, capek atau letih terhadap suatu masalah, pasrahkan diri kepada Tuhan, agar kita dipermudah dan diberi jalan dalam mengahadapi masalah yang kita rasa berat tersebut.
  • Lakukan rutinitas baru atau berbeda. Keletihan bisa saja disebabkan karena kita merasa hidup kita datar, monotone dan tidak bergairah. Jika sudah begini kita harus mencoba melakukan aktifitas yang berbeda, merubah pola hidup dengan sesuatu yang baru dan positif
  • Menulis. Menulis memrupakan sarana yang mudah dan tepat untuk mengungkapkan apa yang dirasa, apa yang dipikirkan. Dengan menulis, kita dapat menyalurkan perasaan atau pikiran yang membuat jiwa letih. Dengan telah tertulisya suatu pikiran-perasaan negatif tersebut, biasanya kita akan merasakan suatu kelegaan pada jiwa dan pikiran.
  • "Melihat Kebawah". maksudnya mirip seperti jadi orang yang selalu bersukur. Biasanya rasa iri dan dengki terhadap teman atau sahabat yang kita liat lebih, membuat kita menjadi merasa lelah, dan tentu merusak diri secara perlahan. Yang bisa kita lakukan jika ini terjadi pada kita, ya bersyukur, mendoakan moga kita dan para sahabat tersebut selalu dalam kebaikan, jadi kita ngak akan merasa iri, dengaki terhadap apa yang dimiliki orang.
Dalam praktik keseharian, kita tidak mudah untuk melakukannya, penulis pun sering kali meewatkannya, masih proses pembelajaran. Jadi bukan bermaksud menggurui atau merasa telah ahli, Hanya menulis apa yang dirasa bisa menjadi solusi dalam mengatasi dikala jiwa merasa lelah. Moga dengan tulisan ini bisa membantu jadi solusi dasaat merasakan suatu kejenuhan atau rasa tertekan pada jiwa.

Selamat mencoba...
Semoga bermanfaat...

Artikel lain:

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)