Jenis-jenis Sistem Kontrol Proses

Jenis-jenis proses yang dilakukan dalam industri pembuatan model dapat dikelompokkan menjadi tiga-bagian pokok, dalam istilah jenis operasi yag terjadi, adalah:
- Proses kontinu
- Produksi batch
- Produksi individual
baca juga:
Energi Listrik
Daya Listrik
Generartor AC
Penghentian Motor
Istilah & Parameter Umum Kontrol Gerak

Proses kontinu adalah proses dimana bahan dasar masuk dari satu ujung sistem dan produk yang diselesaikan keluar dari ujung sistem yang lain; proses itu sendiri berjalan terus-menerus. Proses berlangsung kontinu selama periode waktu yang relatif lama. Periode waktu dapat diukur dalam menit, hari atau bahkan bulan, tergantung pada proses itu.

Pada pemrosesan tumpukan (batch) tidak ada aliran bahan prduksi dari satu bagian proses ke bagian yang lain. Malahan, seperangkat jumlah dari masing-masing input pada proses diterima dalam tumpukan, dan kemudian beberapa operasi dilakukan pada tumpukan untuk menghasilkan produk akhir atau produk intermediete yang membutuhkan proses berikutnya. Proses tersebut dilakukan, produk yang selesai disimpan, dan tumpukan produksi yang lain dihasilkan. Tiap batch produk kemungkinan berbeda.

Beberapa proses mengkombinasikan keistimewaan dari jenis-batch dan kontinu. Pda proses tersebut beberapa bahan dilayani dan disimpan pada operasi-tumpukan. Kemudian bahan yang disimpan tersebut ditarik seperti yang dibutuhkan pada proses kontinu.

Proses produksi individual adalah yang paling umum dari semua sistem pemrosesan. Dengan proses pembuatan ini, sederetan operasi menghasilkan produk output yang bermanfaat. Item yang sedang diproduksi kemungkinan perlu dibengkokkan, dilubangi, dilas dan sebgainya, pada langkah yang berbeda pada proses tersebut. Benda- kerja biasanya bagian yang terpisah yang harus ditangani pada basis indibifual.

Pada pabrik industri modern yang dibuat otomatis, operator hanya memulai operasi dan memulai start, dan operasi mesin diselesaikan secara otomatis. Mesin otomatis dan proses otomatis tersebut ditimbulkan untuk produk yang memproduksi besar-besaran, kontrol operasi yang sangat kompleks atau mengoperasikan mesin secara akurat selama periode waktu yang lama. Mereka banyak menggantikan keputusan, intervensi dan operasi manusia.

Tulisan ini dikutip dan dirangkum dari buku Elektronik Industri. Penulis: Frank D. Petruzella. Penerbit ANDI. Halaman 555-558.

Semoga bermanfaat..

Artikel lain:
Mengatasi Sikap Pemalu
Memperbaiki Remote TV yang Macet
Mengenal Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir
Prinsip Transformator
Bagaimana Cara Mencari Air di Gurun?

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)