Budaya Presean Lombok

Lombok memiliki beraneka macam kebudayaan, dari musik, adat, ritual, dan lain-lain. Salah satu budaya yang menarik dan menegangkan untuk disaksikan adalah presean. Presean adalah pertarungan anrara dua orang yang menggunakan kayu rotan dan tameng yang terbuat dari kulit sapi. Untuk lebih jelasnya sebagai berikut:

Artikel lain:
Makanan untuk Pnderita Kolesterol Tinggi
Makanan untuk Penderita Diabetes
Tip Mengurangi Sakit Perut
Bagaimana Mengatasi Segala Jenis Ra

Presean di lombok sering dijadikan sebagai budaya yang menarik untuk disaksikan. Tak jarang tetesan darah sering terjadi, karena pertarungan yang dilakukan adalah sungguh-sungguh, namun dengan batasan tertentu.

Dalam pertarungan biasa diiringi dengan musik adat lombok. Musik dengan tempo yang cepat dan energik membuat petarung dan penonton begitu bersemangat dan antusias. Tak jarang pula sebelum pertarungan dimulai penonton dan official melakukan 'saweran' yang menambah semangat petarung.

Setiap petarung biasanya ditemani seorang pelatih. Yang terkadang sebelum bertanding melakukan suatu ritual, yang dipercaya bisa memberi kekebalan bagi petarung yang dilatihnya. Untuk orang awam terkadang merasa orang-orang yang bertarung dalam presean ini adalah orang yang memiliki "ilmu" tenaga dalam, namun nyatanya tidak semua begitu. Pasti ada petarung yang murni layaknya atlit, yang hebat dalam pertarungan karena rajin berlatih.

Pernah mendengar kisah dibalik presean ini, jaman dahulu kala presean dilakukan untuk meminta hujan. Dipercaya dengan semakin banyak tetesan darah dalam pertarungan, maka hujan akan segera turun. Namun kisah ini perlu di cari kebenarannya, bisa disitus lain, atau ke pakar budaya yang ditemui.

Berikut video pertarungan presean yang menarik untuk disaksikan:


Semoga bermanfaat....

Baca juga:
Ayo ke Semarang (Mampir ke Simpang Lima)
Taman Pelangi Jogja
SunMor (Sunday Morning) di Jogja
Wisata Paralayang Kota Batu
Wisata Pantai Elak-Elak

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)