Keluar dari Zona Nyaman

Zona Nyaman adalah zona dimana kita merasa aman, tenang dan  cendrung tidak ingin keluar darinya. Kenyamanan yang dirasakan memang hal yang wajar untuk dirasakan. Namun jika kita terbuai olehnya kita akan 'terkurung' oleh rasa nyaman tersebut. Setiap orang memiliki cakupan zona nyaman yang berbeda-beda. Istilah yang sering digambarkan orang mengenai zona nyaman ini adalah "Ibarat Katak dalam Tempurung". Jika kita ngak mencoba untuk keluar dari zon nyaman ini ada banyak kerugian yang Anda beroleh, berikut diantaranya:

Artikel lain:
Bagaimana Cara Mencari Air di Gurun?
Energi Listrik
Daya Listrik
Generartor AC
Penghentian Motor
Istilah & Parameter Umum Kontrol Gerak

Hidup dalam 'Kolam kecil'

Jika kita selalu berusaha mempertahankan zona nyaman kita ada beberapa kekurangan yang kita peroleh:

  • Kita akan kesulitan untuk mengembangkan diri. Baik dari segi pergaulan, kemampuan bersosialisasi, finansial, dst
  • Cendrung menutup diri dan menolak perbaruan. Sesuatu perubahan dan perbaruan terkadang membuat seseorang tidak nyaman, sehingga orang yang tidak mau keluar zona nyaman cendrung menghindari suatu perubahan.
  • Banyaknya kesempatan yang akan terlewat. Dengan banyaknya teman, relasi, kerabat seseorang lebih banyak mendapatkan suatu peluang, dengan demikian seseorang yang kurang mengembankan zona nyamannya akan memiliki lebih sedikit peluang ketimang pribadi yang selalu mengembangkan zona nyamannua.
  • Zona nyaman identik dengan orang yang tertutup dan pemalu, bila seseorang pemalu yang kurang tepat atau tidak pada tempatnya, maka bisa-bisa secara tidak disadari akan menjadi "benalu" bagi lingkungan sekitarnya.
  • Jika mengalami kesulitan, peluang untuk menemukan solusi lebih sulit ketimbang yang berani keluar dari zona nyamanya.
Poin diatas adalah beberapa kekurangan atau kerugian yang kita peroleh jika kita tidak berani keluar dari zona nyaman kita. 

Zona nyaman setiap orang berbeda-beda, hal ini bisa dilihat dari karakter seseorang, kepribadiannya, pergaulan, ilmunya. Sebagai contoh seorang publik speaking tentu memiliki zona nyaman yang lebih luas dalam hal bicara didepan publik ketimbang seorang yang masih malu-malu bicara dipublik.

Zona nyaman ini bisa untuk selalu dikembangkan, diperluas. Saat kita keluar dari zona nyaman awalnya terasa tidak nyaman, namun jika kita sudah terbiasa, tentu itu akan menjadi zona nyaman baru kita. Demikian seterusnya hingga kita akan memiliki zona nyaman yang lebih luas. 

Kunci agar bisa keluar dari zona nyaman yaitu kita mau belajar, berani memulai, meu bertahan disaat rasa tak nyaman hinggap.

Beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mempermudah dalam mengembangkan zona nyaman adalah: 
  • Menemukan lingkunagn, teman atau sahabat yang selalu mensupport. Dengan bantuan teman tentu kita akan lebih mudah untuk berkembang
  • Selalu menambah, menguprade, dan memperbaharui ilmu. Ini bisa dilakukan dari mebaca buku, pertemanan, ikut seminar, kursus, dll. Yang pada intunya ada inputan baru dalam pikiran kita, yang mengispirasi kita untuk mau untuk berkembang kearah yang lebih baik.
  • Niatkan dalam hati. Jika kita sudah meniatkan keluar dari zona nyaman, maka saat akan menumukan suatu permasalahan akan lebih bisa bertahan melaluinya.
  • Merencanakan dan melakukan aksi. Terkadang kita perlu untuk merencanakan suatu perubahan, pengembangan diri yang akan kita lakukan. Kita jadi lebih mengetahui arah dan tujuan dari yang kita lakukan, tau apa langkah, dan tahap yang harus dilalui. Namun hal penting setelah merencanakan yaitu melakukan aksi dari apa yang direncanakan tersebut.
  • Menevaluasi perkembangan. Proses keluar dari zona nyaman akan lebih terlihat jika kita melakukan evaluasi mendiri yang jujur dan adil. Setidaknya kita mengetahui sejauh mana pekembangan yang telah kita lakukan. Jika masih kurang berarti ada hal yang perlu diperbaiki, jika telah mencapai apa yang dituju tinggal meningkatkan target baru.
Penulis sendiri masih belajar untuk selalu keluar dari zona nyaman, masih perlu banyak latihan. Semoga dengan ditulis jadi lebih teringat dan bermanfaat bagi yang membaca...

Keep Learning.....

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)