Memperbaiki Weser/ Sein (Sign) Motor yang tak Berkedip

Motor adalah kendaraan yang bisa melaju kencang. Untuknya diperlukan tanda atau isarat saat akan berbelok. Hal ini sangat dasar namun sangat bermanfaat bagi keselamatan. Oleh karenanya jika lampu Weser/ Sein tidak berfungsi secara normal, tentu hal ini bisa mendatangkan bahaya. Untuk memperbaiki weser yang rusak sebagai berikut:
Artikel lain:
Kamu itu Lebih Cerdas daripada yang Kamu Duga
Ayo Donor Darah
Masalah = Proses Pendewasaan Diri
7 Formula Individu Cemerlang
Mencoba Mengatur Waktu
Mengatasi Sikap Pemalu

Biasanya kerusakan yang terjadi pada weser adalah weser tidak berkedip, ada lampu yang mati atau semua weser mati total.

Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan weser tidak berfungsi ada lampu weser yang terputus/ mati, atau relay flasher yang rusak atau mati.

Untuk memperbaiki kerusakan kita tinggal mengganti bagian yang mengalami kerusakan tersebut, bila kita mengetahui lampu weser ada yang mati kita tinggal menggantinya dengan yang baru. Namun jika semua lampu sudah diganti dan masih tetap tidak mau perlu dicoba untuk mengganti dengan relay flasher yang baru.

Lampu Weser bisa dipasang bebas, karena tidak memiliki kutub positif atau negatif. Jadi tidak perlu khawatir terbalik dalam pemasangan, Hanya perlu kehati-hatian dalam membuka, memasang dan melepas lampu weser dari cupnya. Khawatir malah kabel instalasi listrk ada yang terputus atau konsleting.

Relay flasher, adalah relay yang berfungsi sebagai pemberi detak pada lampu sehingga lampu weser menjadi berkedip. Jika pada relay flasher mengalami kerusakan sudah tentu weser tidak akan berkedip. Untuk mengganti relay flasher ini, berdasarkan pengalaman kita perlu membuka hampir semua bodi motor, karena letaknya yang agak dalam. Sehingga agak ribet dan perlu kesabaran. Banyak baut yang dibuka, jadi perlu diingat posisi bautnya.

Yang perlu diingat, untuk memperbaiki weser, langkah awal kita perlu mengganti lampu weser yang diduga mati. Jika langkah ini berhasil tak perlu mengganti relay flasher. Jika semua lampu weser sudah diganti, namun tidak bekrja, barulah mencoba untuk mengganti relay flasher. Dengan demikian masalah lebih cepat teratasi dan tidak perlu membongkar bodi motor.

Selamat mencoba...

Semoga bermanfaat...

Baca juga:
Energi Listrik
Daya Listrik
Generartor AC
Penghentian Motor
Istilah & Parameter Umum Kontrol Gerak
Jenis-jenis Sistem Kontrol Proses

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)